Jilbab dan Akhlak, Seiring namun Beda

Bismillahirrahmanirrahim…

Beberapa orang berceloteh “Orang itu ya, berjilbab tapi kok kelakuan buruk begitu? *Naudzubillahi min dzalik” Teman yang lainnya menanggapi, “buruk gimana? Nggak tuh, kalian aja yang kepo”… Hehehe…
Mungkin, sekawanan wanita modis ini, telah melihat saudarinya berbuat hal yang tidak sesuai dengan sudut pandang mereka, maka terlontarlah komentar yang seperti itu. Ya, inilah hidup, kitalah yang berbuat, baik dan buruk, orang lainlah yang akan mengomentari 🙂

Saudariku, ini terkhusus untukku dan untukmu, para pendamba Syurga, Inshaa Allah, Syurga adalah cita-cita tertinggi setiap MakhlukNya…

Jilbab adalah KEWAJIBAN bagi setiap muslimah yang telah baligh, tidak peduli baik buruknya perangai, pendiam cerewet, kaya miskin, wanita karir, ibu rumah tangga, anak gadis, istri, pejabat, dosen, guru, pemimpin, mahasiswa,anak sekolah, jika kita ber-Islam, maka siap tidak siap, suka tidak suka perkara jilbab berlaku wajib atas diri-diri kita… Oh, iya, kadang kita punya alasan begini “Tunggu, saya jilbabi dulu hati saya, baru tubuh saya, saya belum siap”… Hmmm… Ingat saudariku yang manis, Setan itu Pintar dan licik lho, termasuk menggoda kita untuk “TIdak pernah Siap dalam Berjilbab”, maka jika kita telah tau bahwa jilbab adalah Kewajiban, bersegeralah untuk mengenakannya, dengan demikian niscaya Allah telah membukakan kita satu pintu kebaikan karena telah menaati perintahNya. Betul?

Jilbab adalah identitas muslimah, karena jilbab, kita bisa dikenali sebagai “Agent of Muslim”, tanpa ada tanda tanya lagi. Jilbab melindungi dari berbagai hal “Negatif” di luar sana. Inshaa Allah…. Tentu saja dengan jilbab syar’i my dear sisters, yang menutupi seluruh tubuh, tebal, tidak ketat dan tidak bertabarruj (berhias) berlebih-lebihan.

Firman Allah Subhanahu wa ta’ala…

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al Ahzab : 59).

Sudah jelas bukan, bagaimana Allah mengabadikan perintah berjilbab dalam kitabNya nan suci. Tinggal, kita gerakkan diri kita untuk Menaati perintahnya dengan mengulurkan jilbab ke seluruh tubuh, memakai pakaian yang tebal dan tidak transparan serta tidak bertabarruj (berhias) berlebih-lebihan, dengan ini, Inshaa Allah kita akan senantiasa menuntun langkah kita untuk menjadi perhiasan terbaik dunia, bukankah perhiasan terbaik dunia adalah wanita shalihah? Siapa yang tidak mau dengan predikat itu?

Lalu bagaimana dengan akhlak?

Akhlak adalah kepribadian setiap manusia yang tentu berbeda-beda dan hal ini bukanlah menjadi sebuah hukum, tapi kembali kepada para pelakonnya, namun demikian, kita diperintahkan untuk senantiasa memperbaiki dan menghiasi diri dengan akhlak yang Indah. Btw, girls, ciri-ciri muslimah yang baik salah satunya adalah Berakhlak baik, baik bukan semata-mata karena ingin terpuji di hadapan manusia, tapi juga saat dalam kesendirian, saat setiap apa yang kita lakukan, hanya diri kita dan Allah saja yang tahu.

Kembali ke percakapan awal saudari-saudari kita tadi….

Jika ada wanita berjilbab yang berbuat keliru di depan kita, please jangan judge jilbabnya, tapi itu kembali pada akhlak pribadinya. Inshaa Allah, biasanya dengan berjilbab otomatis akan memperbaiki akhlak seorang muslimah, sebab jilbab dan akhlak itu seiring saudariku, meski tetap berbeda.. nasihat untuk saya juga, ketika memandang orang lain, gunakanlah “Mata yang jernih”, boleh jadi ada 1 kesalahan yang terlihat pada dirinya, namun ada sejuta kebaikan lain yang membawanya ke Surga.

Mari menaati Allah dengan berjilbab, mari memperbaiki diri dengan Akhlak yang baik 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s